Potret guru dalam kegiatan belajar mengajar yang manakah berikut ini yang dapat dikatakan telah mulai memanfaatkan TIK?

Jawaban:

  1. Guru selalu mengajarkan materi pembelajaran kepada para siswanya dengan metode atau cara mengajar sebagaimana yang telah diajarkan oleh para guru/dosennya sewaktu dirinya menjadi mahasiswa. Setiap hari, ia mempersiapkan rancangan pelaksanaan pembelajaran ( RPP) yang akan diterapkannya dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Dia juga memberikan penjelasan terhadap berbagai pertanyaan yang diajukan oleh para siswanya. Ada kalanya Ia juga menugaskan para siswanya untuk mendiskusikan topik tertentu. Para siswa merasa senang dan hormat terhadap sang guru
  2. Guru selalu berusaha menggunakan seluruh waktu jam mengajarnya untuk menjelaskan materi pelajaran kepada para siswanya. Setiap pertanyaan siswa mengenai materi pelajaran dijawab dengan tuntas oleh guru sehingga Dengan demikian diharapkan bahwa semua materi pelajaran yang diterapkan di dalam kurikulum dapat disajikan kepada siswa. Guru tampaknya lebih cenderung berfungsi sebagai pusat kegiatan pembelajaran (teachers -centered – instruction) bukannya siswa (student-centered instruction)
  3. Guru senantiasa berusaha agar prestasi belajar para siswanya memenuhi nilai ketuntasan yang ditetapkan. Semua materi pelajaran yang ditetapkan di dalam kurikulum diupayakan agar dapat disajikan kepada para siswa. Disamping itu, guru dalam kegiatan pengajaran nya juga banyak melakukan latihan soal-soal (drilling) sehingga para siswanya familiar dengan berbagai bentuk soal. Berdasarkan pengalaman mengajar yang demikian ini, para siswanya berhasil mencapai nilai ketuntasan yang ditetapkan
  4. Guru dalam kegiatan pembelajaran yang dikelolanya berusaha untuk memanfaatkan berbagai sumber belajar yang tersedia di lingkungan yang dapat diakses baik oleh guru maupun para siswa. Mengingat sekolah memiliki overhead projector, maka guru mengembangkan materi pembelajaran ke dalam transportasi untuk kemudian secara terencana disajikan kepada para siswanya. Guru cenderung berfungsi sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran sehingga para siswanya yang aktif belajar
  5. 0

Jawaban: D. Guru dalam kegiatan pembelajaran yang dikelolanya berusaha untuk memanfaatkan berbagai sumber belajar yang tersedia di lingkungan yang dapat diakses baik oleh guru maupun para siswa. Mengingat sekolah memiliki overhead projector, maka guru mengembangkan materi pembelajaran ke dalam transportasi untuk kemudian secara terencana disajikan kepada para siswanya. Guru cenderung berfungsi sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran sehingga para siswanya yang aktif belajar

Dilansir dari Ensiklopedia, potret guru dalam kegiatan belajar mengajar yang manakah berikut ini yang dapat dikatakan telah mulai memanfaatkan tik guru dalam kegiatan pembelajaran yang dikelolanya berusaha untuk memanfaatkan berbagai sumber belajar yang tersedia di lingkungan yang dapat diakses baik oleh guru maupun para siswa. mengingat sekolah memiliki overhead projector, maka guru mengembangkan materi pembelajaran ke dalam transportasi untuk kemudian secara terencana disajikan kepada para siswanya. guru cenderung berfungsi sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran sehingga para siswanya yang aktif belajar.

Bagikan Jawaban

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *