Ibu Putu merancang pembelajaran matematika SD tentang nilai tempat dengan langkah langkah sebagai berikut ini. (1) Menyiapkan berbagai benda yang dapat diikat, misal: kacang panjang, lidi, karet, sedotan. (2) Menulis suatu bilangan “belasan”, misal: 13, di papan tulis; (3) Meminta siswa untuk mengambil suatu benda yang disediakan sebanyak 13; (4) Meminta siswa membilang banyak benda yang telah diambilnya, untuk mengetahui apakah sudah benar benda tersebut sebanyak 13; (5) Meminta siswa mengambil benda sebanyak 13, tetapi secara bertahap sesuai dengan angka yang dilingkari guru (guru melingkari satuan atau puluhan dulu kemudian melingkari puluhan atau satuan); Pembelajaran yang dilakukan Ibu Putu di atas adalah pembelajaran dengan pendekatan?

Jawaban:

A. Rasionalisme
B. Behavioristic
C. Konstruktivisme
D. Daturalistic
E. Dualisme

Jawaban: C. Konstruktivisme.

Dilansir dari Ensiklopedia, ibu putu merancang pembelajaran matematika sd tentang nilai tempat dengan langkah langkah sebagai berikut ini. (1) menyiapkan berbagai benda yang dapat diikat, misal: kacang panjang, lidi, karet, sedotan. (2) menulis suatu bilangan “belasan”, misal: 13, di papan tulis; (3) meminta siswa untuk mengambil suatu benda yang disediakan sebanyak 13; (4) meminta siswa membilang banyak benda yang telah diambilnya, untuk mengetahui apakah sudah benar benda tersebut sebanyak 13; (5) meminta siswa mengambil benda sebanyak 13, tetapi secara bertahap sesuai dengan angka yang dilingkari guru (guru melingkari satuan atau puluhan dulu kemudian melingkari puluhan atau satuan); pembelajaran yang dilakukan ibu putu di atas adalah pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme.

Bagikan Jawaban

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *