Memilih Penangkap Sinyal WiFi Terbaik: Begini Tipsnya!

Acapkali, jangkauan sinyal internet melalui modem atau router tidak dapat mencakup seluruh area dalam rumah atau gedung. Oleh karena itu, diperlukan perangkat tambahan sebagai penangkap sinyal WiFi alias WiFi extender untuk membuat jangkauan tersebut semakin luas.

Tips Memilih Penangkap Sinyal untuk Wifi

Terdapat berbagai perangkat WiFi extender yang dapat Anda pilih dan gunakan. Akan tetapi, tidak semuanya benar-benar bagus untuk membuat sinyal WiFi semakin baik. Oleh karena itu, ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu sebelum memilih perangkat tersebut.

1. Cek kembali spesifikasi router atau modem

Sebelum memilih perangkat yang dapat menangkap sinyal WiFi secara lebih maksimal, selalu pastikan Anda sudah mengetahui secara detail kompatibilitas produk tersebut dengan modem atau router yang sebelumnya dimiliki.

Meskipun begitu, saat ini ada berbagai extender yang dapat dipakai dalam mode universal. Hanya saja, jangan terlena dengan hal tersebut karena bisa saja masih kurang kompatibel dengan perangkat extender yang akan Anda beli.

Apabila perangkat yang akan dipilih kurang kompatibel, tentu saja akan berdampak pada data yang tidak terhubung dengan baik. Pola data streaming terkadang juga akan berbeda yang membuat performa perangkat menjadi kurang maksimal.

2. Pilih produk yang fleksibel

Selain itu, di pasaran biasanya Anda akan menemukan extender yang memiliki ethernet port maupun yang tidak. Disarankan, pilih produk yang memiliki port tersebut karena dapat disambungkan ke router menggunakan kabel.

Sambungan kabel ini mungkin akan sedikit rumit. Meskipun demikian, distribusi jaringan dinilai akan lebih maksimal. Jika tersambung secara wireless, umumnya bandwidth yang didapatkan juga akan cenderung berkurang dari semula.

Anda juga dapat memilih perangkat dengan jenis powerline. Dengan perangkat tersebut, Anda dapat menghubungkan extender dan router melalui kabel listrik yang sebelumnya telah terinstal di dalam rumah. Hasilnya akan membuat perangkat wifi seolah-olah terhubung secara wireless.

3. Pilih extender yang fiturnya yang sama dengan router

Sangat disarankan juga untuk memilih penangkap sinyal WiFi yang memiliki kesamaan fitur dengan perangkat router. Sebagai contoh jika router memiliki fitur WPS (WiFi Protected Setup), maka akan lebih baik jika fitur tersebut juga terdapat pada extender Anda.

Fitur ini sudah pasti akan menjadikan konfigurasi router dan extender menjadi lebih mudah. Dengan hanya menekan tombol WPS, keduanya akan langsung tersambung. Anda juga dapat mengubah sedikit pengaturan untuk memaksimalkan jaringan.

WPS juga akan memudahkan sambungan dengan jaringan client sehingga Anda tidak perlu memasukkan password secara manual ketika ada perangkat baru. Meski demikian, pilihlah extender dengan WPS yang dapat mudah dimatikan supaya tidak rentan dibobol.

4. Gunakan penangkap sinyal dengan mode dual band

Anda juga perlu memilih penangkap sinyal yang dapat bekerja dalam dua frekuensi, yaitu 2.4 GHz dan 5.0 GHz. Dengan adanya fitur dual band ini, performa perangkat beserta koneksi internet juga akan lebih kencang dan stabil.

Frekuensi 5.0 GHz dikenal lebih stabil dan jarang digunakan oleh banyak perangkat nirkabel. Berbeda dengan frekuensi 2.4 GHz yang umumnya digunakan oleh perangkat lain seperti ponsel, radio, Bluetooth, hingga berbagai perangkat wireless lain.

Jika router yang Anda gunakan memiliki fitur dual band, pastikan juga WiFi extender juga memiliki fitur yang sama. Dengan demikian, jaringan tambahan akan bekerja lebih kencang dan stabil seperti jaringan induk yang Anda miliki.

5. Pastikan extender memiliki fitur Seamless Roaming

Supaya tidak perlu berganti koneksi di ruangan yang berbeda, Anda juga dapat menggunakan extender dengan fitur seamless roaming. Dengan demikian, jaringan baru yang dibuat oleh perangkat extender akan menyatu dengan service set identifier (SSID) dan router.

Dengan begitu, sambungan perangkat akan mudah berpindah dengan sinyal yang lebih kuat. Meskipun posisi Anda berpindah-pindah, koneksi tetap akan stabil sehingga Anda tidak perlu lagi mengganti jaringan secara terus menerus.

Itulah beberapa tips dan cara memilih penangkap sinyal WiFi terbaik dan berkualitas. Jangan lupa untuk melakukan beberapa survei untuk memilih extender yang tepat dengan harga yang terjangkau. Silakan dicoba!

Rizgy Agg
Rizgy Agg

Salah satu media online yang membahas seputar pengetahuan, tutorial dan aplikasi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *